CDC UIN Ar-Raniry Gelar Coaching Clinic

Assalam News | Banda Aceh – Career Development Center (CDC) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengadakan kegiatan Coaching Clinic dengan tema “Penguatan karakter serta pengembangan potensi diri menghadapi Dunia Kerja 5.0″ berlangsung diruang rapat LP2M Lantai I Gedung Museum UIN Ar-raniry, Banda Aceh, Sabtu (1/6/2024)

Acara tersebut dibuka langsung oleh Koordinator Bidang Pengembangan Karir, Dr. Ir. Juliansyah, S.T., M.Sc., kegiatan Coaching Clinic kemudian dilanjutkan oleh Coordinator Career Development Center (CDC) Drs. Khatib A. Latief, M.LIS.

Drs. Khatib A. Latief, M.LIS mengatakan tujuan utama coaching clinic yaitu untuk memberikan keterampilan kepada alumni atau mahasiswa tingkat akhir supaya mereka siap dalam memasuki dunia pekerjaan seperti pembuatan CV dan menghadapi interview.

“Tujuan utama coaching clinic yaitu untuk memberikan keterampilan kepada alumni atau mahasiswa tingkat akhir supaya mereka siap dalam memasuki dunia pekerjaan seperti pembuatan CV dan menghadapi interview karena umumnya mahasiswa kita ataupun fresh graduate menghadapi interview itu masih bermasalah, mereka kesulitan dalam menjawab pertanyaan. Skill inilah yang akan kami berikan supaya mereka siap nantinya,” jelasnya.

Coordinator Career Development Center itu juga menyebutkan tujuan menghadirkan narasumber adalah agar peserta dapat belajar langsung keterampilan dalam mengenali potensi diri, membuat CV, menghadapi wawancara, dan strategi sukses memasuki dunia kerja. Hal ini dikarenakan narasumber merupakan seorang yang sudah terjun langsung di lapangan, sehingga pengalaman dan pengetahuannya dapat memberikan pandangan yang berharga bagi peserta.

“Kami sengaja datangkan praktisi karena benar apa yang disampaikannya. Sebab jika hanya secara teoritis siapapun bisa menyampaikannya, tapi berbeda dengan di lapangan, mereka memberikan beberapa kasus yang terjadi sehingga yang diperoleh betul-betul sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan,” ujarnya.

Drs. Khatib A. Latief, M.LIS, juga berharap bahwa kedepannya para peserta, yang merupakan alumni dan mahasiswa akhir, dapat langsung diterima saat membuat CV karena telah memenuhi standar sesuai formatnya, serta siap secara mental dan fisik dalam menghadapi wawancara sesuai standar perusahaan.

Coaching clinic tersebut menghadirkan beberapa narasumber terkemuka, antara lain Mufidah Eka Putri, S.Si, HRD Manager PT. Meulaboh Power Generation (PT.MPG). Selain itu, hadir pula Muntazar, S.T., M. Ling., Supervisor HSE/Mine Engineer PT. Agrabudi Jasa Bersama (PT.AJB Perusahaan Tambang di Meulaboh). Dan juga, Syarifah Seicha Fathma, S.T., M.T., merupakan Co-founder Sahabat Hijau.

Kegiatan ini dihadiri oleh 20 peserta karena pendaftarannya yang terbatas. Dengan demikian, tujuan dari coaching clinic dapat tersampaikan dengan lebih jelas.

Reporter: Syakira

Editor: Cut Wulandari Sukma