Milad ke-60 UIN Ar-Raniry, Jokowi Harap UIN menjadi Motor Penggerak dalam Menghasilkan SDM

Assalam News | Banda Aceh –Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry diharapkan mampu menjadi motor penggerak dalam menghasilkan sumber daya manusia. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden RI Jokowi saat memberi sambutan secara daring pada acara puncak peringatan Milad ke-60 UIN Ar-Raniry yang berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Kamis (30/11/2023).

“Sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri tertua ketiga di Indonesia, saya berharap UIN Ar-Raniry dapat menjadi motor penggerak dalam menghasilkan lebih banyak SDM Indonesia yang berjiwa rukun, berjiwa toleran, yang mampu menyebarkan nilai-nilai islam sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta,” ucapnya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Aceh Ahmad Marzuki yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bustami, mengucapkan selamat hari jadi yang ke 60 kepada seluruh civitas akademika UIN Ar-Raniry.

“Selamat hari jadi yang ke-60 kepada seluruh civitas akademika UIN Ar-Raniry. semoga Allah melimpahkan rahmat dan ridho-Nya sehingga 60 tahun yang telah dilaluinya dan dilanjutkan dengan tahun-tahun berikutnya tak kalah cemerlang dan sukses serta dapat meneguhkan pahatan nama UIN Ar-Raniry dalam sejarah pembangunan pendidikan bangsa,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman, MAg, mengungkapkan kehadiran UIN Ar-Raniry telah dirintis oleh para pendiri dan pimpinan lembaga ini, sejak dari Prof Ali Hasjmy hingga Prof Warul Walidin.

Prof Mujib juga menyebutkan bahwa dalam sejarah lintasan yang panjang tersebut, para pendiri dan penerus estafet kepemimpinan UIN Ar-Raniry telah meninggalkan jejak pengabdian dan prestasi terbaik pada masa kepemimpinannya secara berkesinambungan dari waktu ke waktu.

Sebelumnya, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Ar-Raniry, Prof Dr Kharuddin MAg selaku ketua panitia dalam laporannya menyebutkan bahwa peringatan Milad UIN Ar-Raniry Banda Aceh ke-60 yang diperingati pada 5 Oktober setiap tahunnya.

Pada Milad tahun ini, sebanyak 27 rangkaian kegiatan turut memeriahkan peringatan Milad yang dilaksanakan sejak 1 hingga 30 November 2023 .

Rapat senat tersebut juga dirangkai dengan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan penyerahan Ar-Raniry Award kepada stakholder, Bank Mitra, Media, Tim Borang AIPT, UKK dan UKM, fakultas yang memperoleh akreditasi prodi unggul terbanyak, dosen dan tenaga kependidikan dengan pengabdian terbaik, dan penyerahan beasiswa Ar-Raniry kepada mahasiswa berprestasi.

Kemudian juga dilakukan peluncuran Markazul Qur’an Ar-Raniry Banda Aceh, Buku Farid Wajdi dalam Lensa, Annual Book Chapter Nuruddin Ar-Raniry: from History to University sebagai persembahan 60 tahun UIN Ar-Raniry, peluncuran Studio Multimedia dan Film Promosi UIN Ar-Raniry Serial Emas Biru.

Back To Top