Ciptakan Generasi Pecinta Al-Qur’an, Mahasiswa KPM UINAR Gelar MTQ

Assalam News | Aceh Besar–Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Univeritas Islam Negeri (UIN) Ar-raniry Banda Aceh bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan.

Aneka cabang lomba yang diperlombakan antara lain, lomba tartil SD dan SMP, lomba tahfidz, lomba pidato, lomba adzan, dan lomba ranking 1, kegiatan tersebut telah berlangsung dari tanggal 27-29 Oktober 2023.

Puncak acara dilaksanakan pada penutupan MTQ yang berlangsung di halaman Meunasah Gampong Dilib Lamtengoh dihadiri oleh Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat ( P2M) UIN Ar-Raniry, Pemerintah Kecamatan Suka Makmur, serta Masyarakat, Minggu (29/10/2023).

Ketua koordinator KPM kecamatan Suka Makmur, Ikram Yazima menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan generasi pecinta Al-qur’an yang ada di kecamatan Suka Makmur agar mereka dapat menjadi seseorang yang mereka impikan seperti Ustadz, Kyai, Ulama, dan tokoh agama lainnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan generasi pecinta Al-qur’an yang ada di kecamatan Suka Makmur agar mereka bisa menjadi seseorang yang mereka impikan seperti Ustadz, Kyai, Ulama, dan tokoh agama lainnya, serta untuk meningkatkan solidaritas antar sesama Mahasiswa KPM yang ada di Suka Makmur dan juga mempererat silaturahmi antara perangkat Desa atau Kecamatan dengan Mahasiswa KPM,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua P2M UIN Ar-Raniry Dr Sri Suyanta, MAg, pada saat memberikan sambutan pada acara tersebut mengatakan sangat mendukung penuh atas agenda yang telah dirancang oleh Mahasiswa KPM yang ada di Suka Makmur.

” Saya mendukung penuh atas agenda yang telah dirancang oleh Mahasiswa KPM yang ada di Suka Makmur, karena even seperti ini dapat memotivasi generasi pencinta Alqur’an dan ini juga merupakan bentuk sebenar-benarnya dari KPM, ” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Suka Makmur yang diwakili oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama ( MPU) Suka Makmur, Munawar pada saat memberikan sambutan, berterima kasih Kepada Mahasiswa KPM karena telah merencanakan agenda ini, ia berharap agar terciptanya generasi-generasi yang bermutu dimasa yang akan datang.

“Saya turut berterima kasih kepada Mahasiswa KPM karena telah merencanakan agenda ini, semoga dengan terciptanya kegiatan ini akan melahirkan generasi-generasi yang bermutu dimasa yang akan datang,” pungkasnya.

MTQ tersebut diikuti oleh 99 peserta yang berasal dari berbagai desa di Kecamatan Suka Makmur.

Back To Top